Kompetensi Guru dan Penjelasannya

Foto Kompetensi Guru: unsplash.com/@husniatisalma
Foto: unsplash.com/@husniatisalma
Crella Subscription - 1,000s of fonts, graphics and more

Kompetensi guru adalah kemampuan yang harus mereka miliki dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik. Meliputi standar kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, sosial, dan kompetensi khusus yang guru butuhkan dalam menjalankan tugas sebagai pendidik.

Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa kompetensi tersebut:


  1. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru dalam mengembangkan dan menyajikan materi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak dan kondisi belajar. Kompetensi ini juga meliputi kemampuan mereka dalam mengelola proses pembelajaran dan mengevaluasi hasil belajar;
  2. Kompetensi profesional adalah kemampuan guru dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang  dapat dari pendidikan formal dan nonformal dalam menjalankan tugas sebagai pendidik. Kompetensi ini juga meliputi kemampuan mereka dalam mengembangkan diri dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan;
  3. Kompetensi kepribadian adalah kemampuan guru dalam menjalin hubungan yang baik dengan siswa, orang tua, dan rekan sejawat. Kompetensi ini juga meliputi kemampuan mereka dalam menunjukkan sikap profesional dan menjaga integritas diri;
  4. Kompetensi sosial adalah kemampuan guru dalam bekerja sama dengan rekan sejawat dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kompetensi ini juga meliputi kemampuan mereka dalam mengerti dan menghormati perbedaan budaya, agama, dan latar belakang sosial;
  5. Kompetensi khusus adalah kemampuan guru dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan khusus dalam bidangnya.
Baca juga :  Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Menurut Wikipedia, guru merupakan komponen paling utama dalam sistem pendidikan secara keseluruhan yang perlu diperhatikan dengan maksimal. Figur ini akan mendapat sorotan strategis ketika berbicara masalah pendidikan, karena guru selalu terkait dalam komponen manapun di sistem pendidikan.


Machtwatch 100% ORI

Guru mempunyai peran yang sangat strategis dalam upaya mewujudkan tujuan pembangunan nasional, khususnya di bidang pendidikan, sehingga perlu dikembangkan sebagai tenaga profesi yang bermartabat dan profesional.

Kompetensi Guru Membentuk Karakter Peserta Didik

Guru sebagai learning agent (agen pembelajaran) yaitu guru yang juga berperan sebagai fasilitator, pemacu, motivator, pemberi inspirasi, dan perekayasa pembelajaran bagi peserta didik.

Dengan memiliki kompetensi yang guru butuhkan ketika mengajar, kinerja mereka akan mulai terbantu. Hal ini akan membantu peserta didik mendapatkan berbagai macam kebutuhan. Selain kebutuhan mengenai ilmu pelajaran, mereka juga dapat belajar bagaimana menjadi makhluk sosial yang baik, serta membantu membentuk karakter mereka.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan program yang diikuti oleh guru yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam meningkatkan kualitas pendidikan, program PPG ditujukan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menjalankan tugasnya, sehingga guru dapat memberikan pembelajaran yang berkualitas dan sesuai dengan perkembangan anak dan kondisi belajar.

Baca juga :  Peningkatan Kualitas Guru melalui Program PPG

Secara keseluruhan, kompetensi guru sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Guru yang  berkompetensi baik akan dapat memberikan pembelajaran yang berkualitas.


Machtwatch 100% ORI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesian