Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran

Foto Profesionalisme Guru: unsplash.com/@husniatisalma
Foto: unsplash.com/@husniatisalma
Crella Subscription - 1,000s of fonts, graphics and more

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), profesionalisme adalah mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau orang yang profesional. Dalam arti luas, profesionalisme guru merupakan komitmen dan dedikasi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik dengan sebaik-baiknya.

Profesionalisme guru meliputi penguasaan terhadap standar kompetensi dan kompetensi dasar setiap mata pelajaran atau bidangnya. Melakukan pengembangan materi pembelajaran dengan kreatif. Melakukan pengembangan profesionalitas secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan yang reflektif dalam pembelajarannya.


Juga meliputi kompetensi, integritas, dan etika dalam menjalankan tugas sebagai pendidik. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Kompetensi adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh guru dalam menjalankan tugas sebagai pendidik. Kompetensi ini meliputi kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, sosial, dan kompetensi khusus dalam menjalankan tugas sebagai pendidik.
  • Integritas adalah sikap dan perilaku guru dalam menjalankan tugas sebagai pendidik. Integritas ini meliputi kejujuran, tanggung jawab, dan profesionalisme guru dalam menjalankan tugas sebagai pendidik.
  • Etika adalah norma-norma yang harus guru ikuti dalam menjalankan tugas sebagai pendidik. Etika ini meliputi sikap dan perilaku guru yang baik dalam menjalankan tugas sebagai pendidik.
Baca juga :  Problem Based Learning (PBL) Uji Makanan - SMP Kelas 8 - Kelompok 1

Oleh sebab itu, seorang guru perlu mengikuti program PPG untuk melatih semua kompetensi tersebut dan memiliki keahlian dalam mengajar. Perubahan kurikulum yang sering berganti juga menjadi alasan perlu adanya program PPG karena dalam program PPG tersebut, guru akan mengenal bagaimana proses pembelajaran pada kurikulum baru nantinya terutama dalam pembuatan RPP yang menjadi kesulitan guru dalam membuat dan mengaplikasikannya di kelas.


Machtwatch 100% ORI

Tingkatkan Profesionalisme Guru dengan Program PPG

Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan program yang diikuti oleh guru yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Program PPG ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam menjalankan tugasnya, sehingga dapat memberikan pembelajaran yang berkualitas dan sesuai dengan perkembangan anak dan kondisi belajar.

Profesionalisme guru yang baik sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Guru yang memiliki profesionalisme yang baik akan dapat memberikan pembelajaran yang berkualitas dan sesuai dengan perkembangan anak dan kondisi belajar. Oleh karena itu, semua pihak yang terkait dalam pendidikan harus memperhatikan dan menerapkan dengan serius program PPG ini.


Machtwatch 100% ORI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesian