Font Banner - Free Fonts
Crella Subscription - 1,000s of fonts, graphics and more

8 Kekurangan Windows 11

  • Bagikan
8 Kekurangan Windows 11 - 0 - Tempatbagi

8 Kekurangan Windows 11 – Sekarang, Microsoft telah mengumumkan akhir dari perjalanan untuk Windows 10. Windows 11 akan segera menggantikannya, membawa serta pembaruan yang signifikan, fitur baru, desktop yang lebih bersih.

Tidak semua orang menyukai apa yang dilakukan oleh Microsoft di versi Windows 11 ini. Anda mungkin menemukan banyak perubahan dan tweak yang Anda pikir membingungkan dan cukuplah alasan untuk tetap menggunakan Windows 10 saja.

Biasanya, yang namanya produk baru, pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Untuk kelebihan Windows 11, Anda dapat lihat di 7 Kelebihan Windows 11.

Nah, sekarang apa sajakah kekurangan dari Windows 11? Berikut ini ulasannya.

 
1. Akselerasi Desktop

Melihat dari kemampuan spesifikasi hardware saat ini, untuk menemukan GPU baru dengan harga yang wajar hampir tidak mungkin. Dengan demikian, banyak orang yang mungkin akan menunda upgrade GPU mereka untuk kedepannya.

8 Kekurangan Windows 11 - 1 - Tempatbagi

Desktop Windows 11 sangat bergantung pada akselerasi GPU. OS baru Microsoft ini membutuhkan GPU setidaknya yang kompatibel dengan DirectX 12, dengan driver WDDM 2.0.

 
2. Dimana Skype?

Skype adalah aplikasi pertama yang mempopulerkan panggilan video peer-to-peer. Saat ini, Skype tampaknya digantikan oleh panggilan video alternatif yang serupa dan terkadang lebih baik. Mungkin itu sebabnya Microsoft menggantinya dengan Teams dalam presentasi Windows 11.

 
3. Taskbar Lebih Sedikit

Berdasarkan apa yang kita ketahui sejauh ini, taskbar Windows 11 mungkin terlihat bagus, tetapi lebih merupakan penurunan versi daripada perspektif kegunaan.

Kemampuan untuk memindahkan taskbar ke sisi mana pun dari layar yang Anda inginkan telah hilang. Sekarang, mentok hanya di bagian bawah layar saja.

 
4. Timeline yang Terlupakan

Apakah Anda ingat bagaimana Microsoft menghadirkan Timeline sebagai cara visual lain untuk tetap teratur? Mengawasi bagaimana Anda menggunakan komputer, Timeline kemudian dapat menampilkan aplikasi dan dokumen yang Anda akses, situs yang Anda kunjungi, dan lain-lain dalam urutan kronologis.

8 Kekurangan Windows 11 - 2 - Tempatbagi

Sebenarnya itu adalah fitur yang sangat bagus tetapi jarang digunakan oleh siapa pun. Jika Anda termasuk orang yang menyukainya, tetaplah gunakan Windows 10, karena fitur Timeline ini sudah hilang di Windows 11.

 
5. Sampai jumpa Cortana

Cortana adalah cara Microsoft untuk memberikan Anda asisten bertenaga AI, seperti Google Assistant dan Amazon Alexa, yang dengannya Anda berinteraksi dengan suara.

Di Windows 11 ini, Cortana tidak lagi dimasukkan ke dalam OS. Namun, Anda tetap dapat mengunduh, menginstal, dan menggunakan Cortana sebagai aplikasi terpisah.

 
6. Lebih Sedikit Tata Letak, Lebih Banyak Penundaan

Dengan Windows 11, Anda dapat dengan cepat mengambil jendela apa pun di layar berdasarkan tata letak jendela yang telah ditentukan sebelumnya. Namun, jika Anda menginstal PowerToys milik Microsoft di Windows 10, Anda juga dapat membuat tata letak. Mungkin tidak sesederhana itu, tapi itu jauh lebih fleksibel.

8 Kekurangan Windows 11 - 3 - Tempatbagi

Sebagai bonus, cara default untuk snap windows adalah dengan mengarahkan kursor mouse ke tombol maximize jendela. “Mengarahkan kursor” disini berarti Anda menjaganya agar tetap stabil di atas elemen desktop dan menunggu OS untuk mendeteksi Anda yang ingin mengakses quick pop-up pada tata letak. Proses “Penundaan” ini mungkin tidak terlalu lama, tetapi membutuhkan waktu lebih lama daripada menekan hotkey atau mengklik hotspot di layar.

 
7. Biarkan Microsoft Mengenal Anda

Anda dapat berspekulasi bahwa Windows 11 juga akan mengirimkan lebih banyak informasi ke Microsoft tentang komputer Anda dan bagaimana Anda menggunakannya. Anda harus masuk dengan akun Microsoft untuk memanfaatkan sepenuhnya semua fitur yang ditawarkan OS baru ini, apa pun edisinya.

8 Kekurangan Windows 11 - 4 - Tempatbagi

Tambahkan dan lihat bagaimana widget desktop Windows 11 akan menggunakan AI untuk menyajikan informasi yang disesuaikan (dan iklan) kepada Anda dengan memantau minat Anda.

 
8. Anda Tidak Dapat Upgrade OS ke Windows 11

Kelemahan utama Windows 11 adalah Anda mungkin tidak dapat upgrade ke Windows 11. Bahkan jika Anda memiliki GPU dengan kemampuan akselerasi yang baik, hardware PC Anda yang lain mungkin tidak dapat memiliki kemampuan tersebut.

Alasan Microsoft bahwa Anda memerlukan hardware yang hebat untuk mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Sebagai OS baru yang modern, Windows 11 juga membutuhkan PC modern yang relatif baru.

Jika CPU PC Anda lebih tua dari prosesor Intel Core generasi ke-7 atau prosesor Zen 2 AMD, Anda kurang beruntung. Namun, masalah yang lebih besar tampaknya adalah kompatibilitas TPM 2.0.

8 Kekurangan Windows 11 - 5 - Tempatbagi

Meskipun Anda mungkin menemukan modul TPM di sebagian besar laptop dan banyak PC bawaan, modul tersebut tidak ada di sebagian besar PC rakitan. Dan jika tidak ada dukungan TPM 2.0, artinya tidak akan ada Windows 11.

 
Windows 11 Tidak Bisa Dihindari

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, suka atau tidak suka, Windows 11 akan datang, dan pada akhirnya akan menggantikan Windows 10. Seperti semua versi Windows sebelumnya.

Mari kita berharap Windows 11 ini akan memecahkan sejarah Microsoft untuk mengikuti setiap versi Windows yang hebat dan berakhir lebih baik seperti Windows 10 atau 7 daripada versi Windows 8 atau Vista.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *