8 Kekurangan Windows 11: Apa yang Perlu Anda Ketahui?

8 Kekurangan Windows 11 - 0 - Tempatbagi
Crella Subscription - 1,000s of fonts, graphics and more

Terakhir diperbarui Mei 2023 oleh Tempat Bagi


Sebagai sistem operasi terbaru yang sangat dinantikan, Windows 11 telah diumumkan oleh Microsoft dengan berbagai fitur, tampilan dan peningkatan yang menarik (Anda dapat download Windows terbaru ini pada link resminya berikut: https://www.microsoft.com/software-download/windows11). Meskipun demikian, tidak ada sistem operasi yang sempurna, dan Windows terbaru ini pun tidak terkecuali. Dalam artikel ini, kita akan menggali secara sistematis delapan kekurangan Windows 11 yang mungkin dihadapi oleh pengguna. Memahami kekurangan ini akan membantu para pengguna membuat keputusan yang lebih baik ketika mempertimbangkan untuk download dan update sistem operasi mereka ke Windows 11.


1. Persyaratan Perangkat Keras yang Tinggi

Salah satu kekurangan utama Windows 11 adalah peningkatan persyaratan perangkat keras yang diperlukan untuk menjalankannya. Windows terbaru ini membutuhkan prosesor dengan arsitektur 64-bit, Secure Boot, UEFI firmware dengan mode firmware yang diperbarui, serta beberapa fitur lainnya. Ini berarti beberapa komputer yang saat ini menjalankan Windows 10 mungkin tidak memenuhi persyaratan untuk menjalankannya. Pengguna perlu memeriksa kompatibilitas perangkat keras mereka sebelum memutuskan untuk beralih ke Windows terbaru.

Baca juga :  7 Kelebihan Windows 11: Desain Modern dan Pengalaman Terbaik

2. Dukungan Terbatas untuk Aplikasi Klasik

Windows 11 memiliki pendekatan yang lebih terpusat pada aplikasi yang didistribusikan melalui Microsoft Store. Hal ini berarti beberapa aplikasi klasik yang banyak digunakan mungkin tidak berfungsi dengan baik atau bahkan tidak dapat dijalankan sama sekali di Windows terbaru. Meskipun Windows terbaru ini menawarkan kompatibilitas dengan aplikasi Windows 32-bit dan 64-bit yang ada, pengguna mungkin menghadapi masalah dengan aplikasi khusus atau perangkat lunak legacy yang tidak sepenuhnya dioptimalkan untuk sistem operasi ini.

3. Keterbatasan Kompatibilitas Perangkat Keras Lama

Selain persyaratan perangkat keras yang lebih tinggi, Windows 11 juga mungkin tidak kompatibel dengan beberapa perangkat keras lama yang saat ini digunakan oleh pengguna. Hal ini terutama berlaku untuk perangkat keras seperti printer, scanner, atau perangkat audio yang tidak memiliki driver yang didukung olehnya. Jika perangkat keras yang dibutuhkan oleh pengguna tidak kompatibel dengan Windows terbaru, pengguna mungkin harus mencari alternatif atau tetap menggunakan Windows 10.

4. Penggunaan Sumber Daya yang Lebih Tinggi

Windows 11 membawa antarmuka yang lebih modern dan peningkatan visual yang menarik. Namun, perubahan ini juga berarti penggunaan sumber daya yang lebih tinggi. Pengguna dengan komputer yang lebih tua atau dengan spesifikasi perangkat keras yang lebih rendah mungkin menghadapi kinerja yang lambat atau terhambat saat menjalankan Windows terbaru. Ini dapat mempengaruhi pengalaman pengguna secara keseluruhan dan menjadi salah satu kekurangan Windows 11 yang perlu dipertimbangkan.

Baca juga :  HP 5G Murah Terbaik di Indonesia Tahun 2024

5. Keterbatasan Pengaturan Tampilan

Hadir dengan desain tampilan yang lebih modern dan ramping, dengan pusat tugas di tengah dan menu Start yang baru. Namun, kekurangan Windows 11 yang terkait adalah keterbatasan pengaturan tampilan yang tersedia untuk pengguna. Beberapa pengguna mungkin mengharapkan lebih banyak fleksibilitas dalam menyesuaikan tata letak, ukuran ikon, dan fitur lainnya. Windows terbaru ini masih memiliki batasan dalam hal ini, yang dapat membuat beberapa pengguna merasa terbatas dalam menyesuaikan tampilan sesuai dengan preferensi mereka.



6. Ketergantungan pada Koneksi Internet

Windows 11 menawarkan berbagai fitur yang mengoptimalkan pengalaman pengguna berbasis cloud dan konektivitas internet. Namun, ini juga berarti penggunaannya yang optimal membutuhkan akses internet yang stabil dan cepat saat download dan upload file. Jika pengguna menghadapi keterbatasan koneksi internet, mereka mungkin mengalami keterbatasan dalam menggunakan beberapa fitur Windows terbaru yang mengandalkan integrasi online dan penyimpanan cloud.

7. Masalah Kompatibilitas Perangkat Periferal

Kekurangan Windows 11 lainnya terkait dengan kompatibilitas perangkat periferal. Beberapa perangkat keras eksternal seperti printer, scanner, atau webcam mungkin tidak bekerja dengan lancar di Windows terbaru ini jika tidak ada driver yang tepat atau dukungan yang cukup. Ini dapat menyebabkan frustrasi bagi pengguna yang mengandalkan perangkat tersebut dalam kegiatan sehari-hari mereka. Sebelum beralih ke Windows terbaru, penting untuk memeriksa kompatibilitas perangkat periferal yang dibutuhkan.

Baca juga :  Spesifikasi Windows 11: Menyelami Keunggulan yang Mengagumkan

8. Keterbatasan Fitur untuk Penggunaan Bisnis

Bagi pengguna bisnis, Windows 11 mungkin memiliki beberapa kekurangan dalam hal fitur yang ditujukan khusus untuk lingkungan bisnis. Beberapa fitur pengelolaan dan keamanan yang tersedia di Windows 10 mungkin tidak sepenuhnya dikembangkan atau belum diimplementasikan dengan baik di Windows terbaru ini. Hal ini dapat mempengaruhi penggunaannya dalam lingkungan bisnis dan membatasi keputusan perusahaan untuk update sistem operasi mereka ke Windows 11.

Kesimpulan

Windows 11 adalah langkah maju yang menarik dalam evolusi sistem operasi dari Microsoft. Namun, penting bagi pengguna untuk memahami kekurangan dan kelebihannya sebelum memutuskan untuk download dan update sistem operasi mereka ke Windows 11.

Persyaratan perangkat keras yang lebih tinggi, dukungan terbatas untuk aplikasi klasik, keterbatasan kompatibilitas perangkat keras lama, penggunaan sumber daya yang lebih tinggi, keterbatasan pengaturan tampilan, ketergantungan pada koneksi internet, masalah kompatibilitas perangkat periferal, dan keterbatasan fitur untuk penggunaan bisnis adalah beberapa kekurangan Windows 11 yang perlu dipertimbangkan.

Dengan memahami dan mempertimbangkan faktor-faktor ini, pengguna dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan situasi mereka sendiri.