aliefsyahru Pecinta fotografi & G Shock. Juga sebagai freelancer pemburu dolar.

Sensus Penduduk Online, Mengisinya Ternyata Mudah!

3 min read

Register Now!


Sensus Penduduk Online – Sensus penduduk 2020 (SP2020) berarti perhitungan jumlah penduduk secara periodik di tahun 2020. Data yang dicapai, biasanya tidak hanya meliputi jumlah orang, tetapi juga fakta mengenai misalnya jenis kelamin, usia, bahasa, dan hal-hal lain yang dianggap perlu.

Tujuannya adalah menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia serta menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk (fertilitas, mortalitas, dan migrasi) serta karakteritstik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator SDGs.

SP2020 akan dilaksanakan dalam dua tahapan, yaitu:

  1. Sensus Penduduk secara Online (15 Februari s.d. 31 Maret 2020) yang memungkinkan penduduk untuk mengisikan informasinya secara mandiri.
  2. Sensus Penduduk Wawancara (1 s.d. 31 Juli 2020). Petugas Sensus akan melakukan wawancara kepada penduduk yang belum dapat berpartisipasi pada Sensus Penduduk secara Online.

SP2020 dilaksanakan untuk mendapatkan jumlah penduduk sesuai dengan berdasarkan domisili mereka tinggal. Hal ini akan membantu pemerintah daerah dalam menyusun program-program kependudukan dan sosial. Selain itu, SP2020 juga menjadi langkah awal pemerintah untuk mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia.

Pelaksanaan SP2020 menggunakan Metode Kombinasi, yaitu menggunakan data registrasi yang relevan dengan sensus sebagai prelist ketika dilapangan. Kemudian pada tahap berikutnya akan dilengkapi dengan sampel survei.
 


Apa saja pertanyaan pada SP2020?

Variabel individu terdiri dari:

  1. Nama lengkap
  2. NIK
  3. Jenis Kelamin
  4. Tempat dan tanggal lahir
  5. Status hubungan dengan kepala keluarga
  6. Alamat
  7. Lama tinggal pada alamat saat ini
  8. Kepemilikan akta kelahiran
  9. Kewarganegaraan
  10. Suku bangsa
  11. Agama
  12. Status perkawinan
  13. Kemampuan berbahasa Indonesia
  14. Aktivitas yang biasa dilakukan
  15. Pekerjaan
  16. Status Pekerjaan
  17. Ijazah/pendidikan tertinggi
  18. Status Kepemilikan rumah yang ditempati saat ini
  19. Listrik
  20. Sumber air minum
  21. Kepemilikan jamban
  22. Jenis lantai terluas

 

Bagaimana kerahasiaan data Sensus Penduduk?

Informasi yang diberikan dijamin kerahasiaannya dengan Undang-Undang nomor 16 tahun 1997 tentang Statistik. Untuk menjalankan amanah ini, aplikasi Sensus Penduduk Online dan database untuk pengolahan Sensus Penduduk Wawancara dibuat dengan tingkat keamanan tinggi.

 

Mengapa SP2020 itu penting?

SP2020 dilaksanakan untuk mendapatkan jumlah penduduk sesuai dengan berdasarkan domisili mereka tinggal. Hal ini akan membantu pemerintah daerah dalam menyusun program-program kependudukan dan sosial. Selain itu, SP2020 juga menjadi langkah awal pemerintah untuk mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia.

 

Apa itu Sensus Penduduk secara Online?

Sensus Penduduk secara Online merupakan salah satu tahap SP2020 dimana penduduk dapat mengisikan informasinya secara mandiri melalui web https://sensus.bps.go.id/login
 

Bagaimana cara berpartisipasi dalam Sensus Penduduk secara Online?

Untuk mengetahui apakah pengisian Sensus Penduduk secara Online sudah berhasil atau tidak, Anda bisa melihat halaman ringkasan yang akan muncul setelah mengisikan semua anggota keluarga. Pada halaman ini akan dimunculkan mana isian anggota keluarga yang masih ada kesalahan dan yang mana sudah benar.

Baca juga :  Artemia dan Cara Membuat Alat Penetas Sederhana

Jika semua isian sudah benar, namun masih ada yang perlu diperbaiki, Anda dapat mengklik tombol “simpan”. Namun jika dirasa sudah benar, Anda dapat mengirim hasil Sensus Penduduk secara Online dengan mengklik tombol “kirim”. Selanjutnya, Anda dapat mengunduh bukti pengisian Sensus Penduduk secara Online.

 

Bagaimana cara mengetahui jika pertisipasi saya dalam SP2020 ini sudah berhasil?

Anda bisa melihat halaman ringkasan yang akan muncul setelah mengisikan semua anggota keluarga. Pada halaman ini akan dimunculkan mana isian anggota keluarga yang masih ada kesalahan dan yang mana sudah benar. Jika semua isian sudah benar, namun masih ada yang perlu diperbaiki, Anda dapat mengklik tombol simpan. Namun jika dirasa sudah benar, Anda dapat mengirim hasilnya dengan mengklik tombol kirim. Selanjutnya, Anda dapat mengunduh bukti pengisiannya.

 

Bagaimana cara mengunduh bukti selesai SP2020?

Saat Anda selesai mengisi formnya, pada halaman terakhir setelah mengirim data anda, ada tombol “unduh” bukti pengisian pada form.

 

Apa saja yang dibutuhkan?

Menyiapkan KTP, KK, dan akte pernikahan/perceraian jika memiliki.

 

Bagaimana mengetahui bahwa data sudah mutakhir (update) atau belum?

Pada halaman terakhir setelah mengisikan semua informasi yang dibutuhkan, akan muncul ringkasan status pengisian untuk setiap anggota keluarga apakah sudah lengkap (update) atau belum.

 

Dimana saya bisa melihat pertanyaan (FAQ) mengenai Sensus Penduduk secara Online?

Untuk pertanyaan atau studi kasus lengkap dapat dilihat di FAQ BPS.GO.ID
 

Tutorial Mengisi Sensus Penduduk secara Online

Nah, dibawah ini adalah tutorial atau langkah-langkah secara lengkap untuk mengisi Sensus Penduduk secara Online 2020. Silakan disimak.
 


Login ke sensus.bps.go.id

Masuk ke alamat website https://sensus.bps.go.id/login. Kemudian Isikan nomor NIK KTP dan nomor KK, lalu ketik kode captcha. Setelah itu klik tombol “Cek Keberadaan”.
 

Buat password untuk Login

Isikan password yang mudah diingat yang terdiri dari huruf dan angka minimal 6 karakter dan maksimal 15 karakter. Simpan baik-baik password tersebut.

Pilih salah satu dari beberapa pertanyaan keamanan, untuk jaga-jaga kalau nanti Anda lupa passwordnya. Ketik jawabannya dan simpan jawaban tersebut. Kemudian klik “Buat Password”.
 

Dokumen yang dibutuhkan

Sebelum mengisi Sensus Penduduk secara Online, terlebih dahulu untuk menyiapkan beberapa dokumen diantaranya adalah Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Dokumen Pernikahan (Surat Nikah), Dokumen Perceraian (Surat Cerai) atau Surat Keterangan Kematian.

Apabila isian belum lengkap namun ada keperluan mendesak, klik tombol “Simpan sementara” untuk menyimpan data dan dapat meneruskannya nanti.
 

Form Keterangan Keluarga

Isi secara lengkap di form Keterangan Keluarga. Setelah terisi semua, klik tombol “Lanjut” di sebelah kanan bawah form.
 

Form Daftar Anggota Keluarga

Isi secara lengkap di form Daftar Anggota Keluarga. Apabila ingin menambah keluarga baru, klik tombol “Tambah”. Setelah terisi semua, klik tombol “Lanjut” di sebelah kanan bawah form.
 

Form Data Penduduk

Isi secara lengkap biodata dari masing-masing pribadi di form Data Penduduk. Setelah terisi semua, klik tombol “Lanjut” di sebelah kanan bawah form.
 

Ringkasan

Apabila semua telah terisi, silahkan cek kembali apabila ada yang terlupa belum diisi dengan menekan tombol “Lihat”. Jika sudah yakin semua data telah terisi dan benar, klik tombol “Kirim”.
 

Konfirmasi Pengiriman Data

Periksa kembali hasil isian sebelum data dikirim. Jika belum lengkap, klik “Simpan sementara”. Jika sudah yakin semua data telah terisi lengkap dan benar, klik lagi tombol “Kirim”.
 

Baca juga :  Sepeda Gunung (MTB) dan Berbagai Macam Tipenya

Notifikasi Berhasil

Akan ada notifikasi apabila data Anda telah berhasil dikirim.
 

Unduh Bukti Pengisian

Klik tombol “Unduh bukti pengisian” untuk mengunduh bukti bahwa Anda sudah mengisi Sensus Penduduk secara Online dan simpan dengan baik.
 

Bukti Pengisian Sensus Penduduk secara Online

Ini adalah bukti bahwa Anda sudah mengisi Sensus Penduduk secara Online. Simpan dengan baik apabila nanti sewaktu-waktu dibutuhkan.
 

Lihat Hasil Isian

Apabila Anda ingin melihat hasil isian, klik “Kembali ke halaman utama”. Klik “Perbaiki isian” jika ingin memperbaikinya. Perbaikan isian hanya bisa dilakukan satu kali per keluarga.

Demikian tutorial langkah-langkah secara lengkap untuk mengisi Sensus Penduduk secara Online 2020. Semoga bermanfaat.

Sumber


Register Now! Font Banner - Free Fonts  

aliefsyahru Pecinta fotografi & G Shock. Juga sebagai freelancer pemburu dolar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *