goweser Terus gowes, gowes terus! Selagi dengkul masih kuat dan ban sepeda gak bocor, tetap terus gowes. Semangat!

Sepeda Balap (Road Bike) dan Berbagai Macam Tipenya (part 2 to 2)

2 min read

Register Now!

Sepeda Balap –  Setelah Performance Road Bike, Endurance Road Bike dan All Rounder Bike (Universal) yang telah kita bahas pada part 1, berikut ini adalah tipe yang lainnya.
 

Tipe Sepeda Balap

 

Competitive Road Bike

Tipe Competitive Road Bike adalah tipe yang memang dirancang khusus untuk keperluan race. Hal ini karena bentuk geometri frame-nya yang sangat aerodinamis, sangat efektif dalam membelah angin.

Selain itu, sepeda ini juga memiliki bobot yang sangat ringan. Tentunya sangat memudahkan saat hendak memacu kecepatan sampai pada kecepatan maksimal.

Desain frame terbilang unik dan tentu saja didapatkan melalui riset berbasis teknologi. Karena memang di desain untuk perlombaan, faktor kecepatan adalah hal yang paling utama disini.

Untuk mendapat kecepatan yang tinggi, maka bentuk dari sepeda harus aerodinamis. Lalu desain dari frame-nya dibuat tipis, velg yang digunakan juga lebar, semuanya dibuat agar mengurangi hambatan laju angin.

Bahkan pada kondisi yang tertentu, dipasang wheel dop pada sepeda ini di sisi bagian ban belakang.

Karena bentuknya yang disesuaikan dengan posisi tubuh saat membelah angin pada kecepatan yang tinggi, saat mengendarai sepeda ini posisi tubuh rider akan menjadi steady.

Posisi tubuh saat menggunakan sepeda ini memang kurang comfort untuk pengendara pemula.
 

Touring Bike

Sepeda yang satu ini memang didesain khusus untuk perjalanan jauh. Selain ketahanannya yang baik untuk digunakan jarak jauh, sepeda ini juga nyaman untuk digunakan jarak jauh.
 

Randonneur atau Audax

Tipe sepeda ini merupakan sepeda khusus yang didesain untuk Randonneuring atau yang dikenal juga dengan nama Audax di UK, Australia dan Brazil. Randonneuring adalah olahraga sepeda jarak jauh yang mulanya adalah Audax Cycling.

Dilihat dari bentuknya, sepeda ini adalah perpaduan dari sepeda balap dan juga sepeda touring. Dari geometri frame dan juga beratnya ini seperti yang digunakan untuk touring. Stang dan juga percepatan yang digunakan sama seperti sepeda balap.
 

Cyclo-cross Bike

Biasanya sepeda ini dikenal juga dengan nama “Cross Bike”. Sepeda ini memiliki frame sepeda yang mirip dengan sepeda balap ataupun sepeda touring, namun dengan bentuk yang sedikit berbeda.

Sepeda tipe cyclo-cross bike ini menggunakan ban tebal dan bergerigi untuk memudahkan pengoperasian di jalan yang tidak rata atau berbatu. Selain pada bagian ban, ciri umum dari tipe universal ini adalah pada bentuk frame dan posisi setang yang dibuat tinggi.

Ukuran ban dan juga pelek yang lebih lebar dan juga menggunakan rem tipe cantilever.
 

Trekking Bike

Trekking Bike merupakan salah satu sepeda hybrid dengan segala kelengkapan untuk touring dengan bersepeda, seperti lampu, sepatbor, tempat untuk keranjang, dan lain sebagainya.
 

Track Bike

Dari namanya, sepeda ini dikhususkan untuk digunakan di track. Sepeda ini sangat sederhana dan tidak kompleks, ringan, tidak ada remnya dan menggunakan fixed-gear.

Nama lain dari sepeda ini adalah track bicycles. Di desain untuk digunakan di track, biasanya track yang digunakan oleh sepeda ini adalah velodromes. Untuk versi antik dari sepeda ini adalah Path Racers.
 

Harga

Harga sepeda balap di Indonesia umumnya berkisar Rp. 1.000.000 sampai ratusan juta rupiah.
 

Read more :  Sepeda BMX (Bicycle Motocross) dan Berbagai Macam Tipenya

Ciri-ciri

Lalu seperti apa ciri-ciri sepeda balap? Berikut ciri-ciri umumnya:

  • Frame/Rangka pipa relatif memiliki volume dengan diameter kecil dan ringan.
  • Diameter roda yang digunakan lebih besar dari MTB namun lebar velg lebih kecil daripada MTB.
  • Ukuran ban luar sangat tipis, ramping, serta permukaan tapak yang halus.
  • Tidak menggunakan shock breaker.
  • Gear yang digunakan biasanya 3 gear depan dan 10 gear belakang.
  • Setir berbentuk melengkung pada ujung-ujungnya bertujuan supaya para pengendara dapat merendahkan posisi badannya sehingga bisa diperoleh aerodinameter yang ideal.

 

Jenis Cabang Olahraga

Berdasarkan jenis olahraganya, adalah sebagai berikut:
 

Time Trial Bicycle

Sepeda balap yang dirancang untuk digunakan dalam uji coba individu atau tim yang berjalan di jalan datar. Sepeda ini juga ada yang diperuntukan dalam velodromes atau area untuk lomba balap sepeda.
 

Triathlon Bicycle

Kompetisi gabungan yang melibatkan penyelesaian tiga unsur yaitu ketahanan, berkelanjutan dan sekuensial. Banyak variasi olahraga dari triathlon, dalam bentuknya yang paling populer melibatkan berenang, bersepeda, dan lari maraton.
 

Track Bicycle

Sepeda yang dioptimalkan untuk balap di velodromes. Tidak seperti sepeda jalanan, track bicycle sepeda adalah sepeda fixed-gear, dengan demikian sepeda ini hanya memiliki satu rasio roda gigi dan tidak memiliki freewheel atau rem.
 

Cyclo-Cross Bicycle

Bentuk balap sepeda yang biasanya berlangsung di musim gugur dan musim dingin (musim internasional atau “Piala Dunia” adalah Oktober-Februari), dan terdiri dari banyak putaran yang pendek (2,5 – 3,5 km atau 1,5 – 2 mil). Medannya bisa trotoar, jalur berhutan, rumput, bukit terjal dan rintangan yang mengharuskan pengendara untuk segera turun dari sepeda, membawa sepeda sambil menavigasi halangan dan menaiki sepeda kembali.


Sumber:

Register Now! Font Banner - Free Fonts  

goweser Terus gowes, gowes terus! Selagi dengkul masih kuat dan ban sepeda gak bocor, tetap terus gowes. Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *