goweser Terus gowes, gowes terus! Selagi dengkul masih kuat dan ban sepeda gak bocor, tetap terus gowes. Semangat!

Sepeda Balap (Road Bike) dan Berbagai Macam Tipenya (part 1 to 2)

2 min read

Register Now!

Sepeda Balap – Road Bike atau yang biasa disebut Sepeda Balap sesuai dengan namanya, merupakan jenis sepeda yang digunakan di jalan raya dengan kecepatan tinggi. Jika sepeda ini digunakan pada jalan yang berlumpur atau berbatu, pastinya akan kurang nyaman. Karena memang sepeda ini di desain untuk dikendarai di jalan aspal ataupun beton.

Kebanyakan yang memiliki sepeda jenis ini adalah mereka yang senang bermain dengan kecepatan, karena sepeda ini memang dikhususkan untuk mereka.

Para atlet balap sepeda biasanya menggunakan jenis sepeda yang satu ini untuk race, atau balapan sepeda. Sepeda ini dirancang khusus di arena balapan sepeda yang halus, jadi sepeda ini dapat melaju kencang bahkan mampu melaju hingga kecepatan 60 km/jam. Sepeda ini biasanya juga lebih ringan dibandingkan dengan sepeda jenis lainnya.
 

Tipe Sepeda Balap

Tipe dari sepeda balap juga ada cukup banyak. Berikut ini adalah diantaranya.
 

Performance Road Bike

Merk sepeda POLYGON, SPECIALIZED, dan TREK yang menggunakan istilah PERFORMANCE pada sebagian produknya. Tahun 2017, mereka masih menggunakan istilah ini, seiring perkembangannya mungkin saja mereka merubahnya, seperti halnya dalam perkembangan road bike di Polygon.

Sedangkan GIANT dan COLNAGO menggunakan istilah RACE. Sebenarnya istilah Performance/Race pada prinsipnya sama, secara umum istilah ini adalah tentang kecepatan, sepeda yang didesain untuk memaksimalkan kecepatan.

Pada level paling tinggi, sepeda dalam tipe ini biasanya diperuntukkan untuk race atau kompetisi.

Pada tipe Performance/Race, geometri rangka atau frame sepeda di desain lebih agresif. Frame di desain untuk membentuk riding position pengendaranya untuk lebih menunduk, sehingga akan memaksa rider mengurangi melawan angin.

Konsekuensi posisi riding seperti itu dapat menyebabkan kenyamanan berkurang. Secara fisik, desain frame ditandai dengan headtube length yang lebih pendek dan toptube angle yang lebih rendah (lebih horizontal).

Seorang atlet profesional dalam kompetisi biasanya menggunakan chain-ring lebih besar dalam flat races atau time trials. Chain-ring yang lebih besar akan lebih memaksimalkan kecepatan, namun dengan konsekuensi membutuhkan power yang lebih besar, artinya fisik dan power dari pengendara harus prima.

Dalam kebutuhan ini, beberapa merk sepeda membuat sub-type lagi yaitu AERO RACE. Perlu diketahui bahwa aero race bikes sama sekali nggak comfort.

Frame sebuah sepeda balap didesain untuk mentransfer power ke roda belakang dengan sangat baik. Stiffness dan presisi sangat diperlukan terutama pada area bottom bracket dan headtube untuk menciptakan race machine yang terbaik.

Pada kelas hi-end, sepeda tipe ini ditandai dengan berat yang ringan dan mahal! Bahkan ada yang terbuat dari bahan super ringan dan kuat, yaitu carbon. Beberapa road bikes terbaik biasanya memiliki berat dibawah 6,8 kg.

Contoh PERFORMANCE bikes adalah: Polygon Helios A Series, Specialized S-Works Tarmac, Trek Domane SLR.
 

Endurance Road Bike

Di desain untuk rider yang lebih menyukai tipikal relax, durasi bersepeda yang lama hingga berjam-jam di atas jok sadel, bahkan menghabiskan ratusan kilometer jalanan.

Geometri frame didesain supaya riding position pengendara lebih tegak untuk mengupayakan kenyamanan. Secara fisik, desain frame biasanya ditandai dengan derajat toptube angle yang lebih tinggi dan headtube length lebih panjang. Contohnya seperti Helios C Series.

Jenis sepeda ini dilengkapi juga dengan fitur-fitur yang dapat meminimalisir goncangan saat melintasi jalanan dengan permukaan yang nggak rata.

Read more :  Sepeda Balap (Road Bike) dan Berbagai Macam Tipenya (part 2 to 2)

Pada bagian ban terlihat lebih ramping dan berbeda dengan ban yang digunakan pada tipe competitive road bike agar memaksimalkan ketahanan serta kenyamanan pengguna saat melakukan long touring atau bersepeda dengan jarak tempuh yang jauh.

Tipe ini juga sering digunakan untuk keperluan balapan, tapi balapan dengan trek jarak jauh. Walau pada kecepatan tinggi sekalipun berkat desain frame yang inovatif, pengendara akan tetap merasa rileks.
 

All Rounder Bike (Universal)

Secara mudahnya, All-Rounder Bikes adalah sepeda yang di desain dengan kemampuan diantara tipe Performance dan Endurance.

Tipe ini adalah tipe yang banyak disukai orang. Semua kalangan dapat memakai sepeda ini. Sepeda dengan segala fungsi, toleransi terbaik atara kebutuhan speed dan comfort.

Rider pecinta tanjakan, kecepatan, dan kenyamanan sekaligus secara rata-rata dapat memilih tipe ini. Sepeda tipe ini cocok untuk penghobi, bukan untuk para profesional, karena fungsinya yang lebih fleksibel.

Dengan desain yang mengedepankan aspek multifungsi menjadikannya sebagai sepeda yang dapat digunakan untuk bersantai, berpetualang, atau sekadar sebagai alat transportasi perkotaan.

Ciri khas dari road bike tipe ini adalah pada model setangnya yang telah diperbaharui dari bentuk drop handle menjadi flat handle.

Contoh road bike yang termasuk dalam tipe universal antara lain cyclo-cross bike atau sering juga disebut dengan gravel road.

Pada tipe hi-end beberapa merk menawarkan light-weight road bikes, sebut saja Polygon Helios LT atau Giant Contend. Sedangkan untuk kelas low-end, contohnya adalah Polygon Strattos S2 hingga S7.

Untuk tipe sepeda balap lainnya, bersambung ke post selanjutnya part 2.

Register Now! Font Banner - Free Fonts  

goweser Terus gowes, gowes terus! Selagi dengkul masih kuat dan ban sepeda gak bocor, tetap terus gowes. Semangat!

2 Replies to “Sepeda Balap (Road Bike) dan Berbagai Macam…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *