goweser Terus gowes, gowes terus! Selagi dengkul masih kuat dan ban sepeda gak bocor, tetap terus gowes. Semangat!

Sepeda BMX (Bicycle Motocross) dan Berbagai Macam Tipenya

2 min read

Register Now!

Sepeda BMX – Minat menggunakan sepeda di Indonesia masih terbilang rendah. Masyarakat lebih memilih memakai motor bahkan hanya untuk membeli minuman ringan di minimarket yang jaraknya hanya 500 meter saja misalnya.

Padahal, sepeda itu adalah salah satu moda transportasi yang ramah lingkungan, nggak ada emisi buang yang dihasilkan, selain itu sepeda juga bikin sehat badan lho!

Badan bagian atas dan bawah semuanya bergerak ketika bersepeda. Jadi, sangat oke lah untuk menjadikan bersepeda sebagai kegiatan sehari-hari.

Ada banyak jenis sepeda yang populer di Indonesia, diantaranya sepeda gunung atau MTB, sepeda balap atau Road Bike dan juga ada BMX.

Sepeda BMX merupakan salah satu jenis sepeda yang juga populer di Indonesia. Tapi nggak sepopuler di negara-negara maju seperti Amerika, Kanada, atau negara-negara di Eropa.

Karena di negara-negara maju, sepeda BMX sudah sangat berkelas untuk dijadikan ajang perlombaan freestyle. Bahkan perlombaannya sudah bertaraf dunia. Jadi, sepeda BMX nggak cuma sekedar sebagai alat transportasi, tapi lebih dari itu.

BMX sendiri merupakan singkatan dari Bicycle Motocross, kalau diartikan ke bahasa Indonesia yaitu Sepeda Motocross. Sepeda BMX itu merupakan sepeda olahraga off-road yang digunakan untuk balapan dan juga ketangkasan.

Sepeda BMX didesain untuk melakukan atraksi ekstrim, trick, dan juga balapan di jalur tanah pada track BMX.
 

Tipe Sepeda BMX

Meski BMX merupakan salah satu jenis sepeda, tapi sepeda ini juga memiliki berbagai macam tipe. Tipe tersebut ditentukan berdasarkan dari atraksinya atau yang disebut freestyle. Apa aja sih tipenya?
 

Cross atau Race BMX

BMX tipe ini adalah sepeda yang digunakan untuk balapan off-road. Ciri khusus yang dimiliki dari tipe ini ialah frame yang terbuat dari alloy.

Chainstay-nya lebih panjang bertujuan agar handling dan kontrolnya enak. Gear depannya besar yang berukuran 44 T, fork-nya carbon, remnya menggunakan tipe V BRAKE, untuk Bottom Bracket-nya mirip seperti MTB.

Bottom Bracket atau BB rangka, yang terdapat ulir drat di dalam lubangnya. Untuk Hub, kebanyakan BMX masih memakai free hub.

Balapan sepeda BMX ini merupakan balapan sprint, sistemnya single lap pada track off-road yang dibuat khusus. Track biasanya memiliki gerbang yang muat hingga delapan pembalap.

Track balap ini merupakan track balap tanah yang berkelok-kelok dengan berbagai lompatan dan juga putaran. Jalurnya biasanya datar, memiliki lebar sekitar 15 kaki dan memiliki sudut belokan yang besar, untuk membantu para pengendara mempertahankan kecepatan mereka.

Biasanya kegiatan balapan BMX ini difasilitasi oleh organisasi nasional ataupun internasional.
 

BMX Street

Tipe BMX yang satu ini biasa digunakan untuk melewati atau menaklukkan rintangan-rintangan yang ada di jalan. Rintangannya itu bukan rintangan yang bisa dilewati oleh sepeda pada umumnya.

Beberapa rintangan yang ada seperti tangga, pegangan tangan yang ada pada tangga, dinding yang melengkung dan trotoar sederhana pun jadi rintangan. Sekilas mirip rintangan pada skate park.

Untuk spesifikasinya, sepeda BMX satu ini memiliki frame yang panjang. Stangnya memiliki tinggi rise sekitar 8″ hingga 9″, lebarnya sekitar 27″ hingga 29″. Memiliki toptube antara 20″ hingga 22″. As belakang yang dipakai biasanya yang bertipe cassette hub.

Read more :  Sepeda Balap (Road Bike) dan Berbagai Macam Tipenya (part 1 to 2)

Kebanyakan BMX street ini menggunakan roda yang besarnya 20″. Meskipun ada perbedaan dalam ukuran frame dan geometri, panjang toptube umumnya akan tetap dipertahankan berada di antara 20″ hingga 22″.

Para rider pemula BMX biasanya cenderung membeli sepeda lengkap yang ada di toko. Namun, para rider yang lebih berpengalaman umumnya membangun sepeda mulai dari bawah.
 

Flatland BMX

Kalau BMX tipe flatland ini biasanya dimainkan pada atraksi keseimbangan, biasanya dimainkan di tempat yang datar.

Untuk atraksi BMX flatland ini nggak pakai rintangan-rintangan seperti yang lainnya. Ada juga yang bilang, atraksi ini merupakan atraksi sepeda yang artistik dan biasanya dicampur dengan pertunjukan breakdance.

Biasanya terpasang jalu di bagian depan dan juga belakang sepeda ini. Fungsi jalu disini bukan untuk boncengan, tapi untuk keperluan melakukan atraksi. Lalu di flatland menggunakan sistem Gyro agar stangnya bisa diputar tanpa takut tali rem putus.

Selain Gyro, mekanisme hub belakangnya juga menggunakan freecoaster, ini berfungsi agar roda belakang bisa berputar ke belakang, tapi tidak ikut menarik hub dan tidak membuat pedal berputar ke belakang.

Jika menggunakan freewheel atau cassette hub, atraksi kurang mulus untuk dilakukan. Sebabnya yaitu ketika roda belakang diputar ke belakang, maka engkol juga ikut berputar ke belakang. Untuk estetikanya jadi kurang dan saat dilakukan jadi kurang nyaman.
 

Harga

Harga sepeda BMX di Indonesia umumnya berkisar Rp. 1.000.000 – Rp. 5.000.000.
 

Ciri-Ciri

Ciri-ciri Sepeda BMX adalah sebagai berikut:

  • Frame atau kerangka yang lebih kecil jika dibandingkan dengan frame sepeda gunung.
  • Rata-rata menggunakan ukuran roda 20″ dengan tapak yang berukuran sedang dan konturnya kasar.
  • Nggak memiliki suspension/shock breaker.
  • Desainnya terlihat solid, kuat dan kokoh.

 

Jenis Cabang Olahraga

Berdasarkan jenis olahraganya, adalah sebagai berikut:
 

Freestyle BMX

Motor cross yang diganti dengan sepeda BMX. Ini adalah olahraga ekstrim yang diturunkan dari balap BMX yang terdiri dari lima track: jalanan, taman, belukar, jalan setapak, dan tanah datar.
 

Racing BMX

Sepeda yang digunakan untuk balapan sprint dengan lintasan balap satu jalur off-road, yang biasanya terdiri dari gerbang pembuka, track lompatan dan garis finish.


Sumber:

Register Now! Font Banner - Free Fonts  

goweser Terus gowes, gowes terus! Selagi dengkul masih kuat dan ban sepeda gak bocor, tetap terus gowes. Semangat!

One Reply to “Sepeda BMX (Bicycle Motocross) dan Berbagai Macam…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *