Sistem Pembelahan Mitosis Kelas 9.8

47 sec read

Register Now!

Pembelahan Mitosis – Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh. Kami siswa dan siswi dari SMPN 3 Babelan Bekasi kelas 98, akan menjelaskan tentang materi praktikum pembelahan mitosis.

Nama Anggota

Muhammad Yusuf Firmansyah, Muhammad Alif Ramadhani, Muhammad Zidane Ilham, Nida Chalifa Nugrah dan Nur Rahmawati.

Penjelasan

Mitosis adalah proses pembagian genom yang telah digandakan oleh sel ke dua sel identik yang dihasilkan oleh pembelahan sel. Umumnya diikuti sitokinesis yang membagi sitoplasma dan membran sel.

Proses ini menghasilkan dua sel anak yang identik, yang memiliki distribusi organel dan komponen sel yang nyaris sama. Mitosis dan sitokenesis merupakan fase mitosis (fase M) pada siklus sel, di mana sel awal terbagi menjadi dua sel anakan yang memiliki genetik yang sama dengan sel awal.

Mitosis terjadi hanya pada sel eukariot. Pada organisme multisel, sel somatik mengalami mitosis, sedangkan sel kelamin (yang akan menjadi sperma pada jantan atau sel telur pada betina) membelah diri melalui proses yang berbeda yang disebut meiosis.

Sel prokariot yang tidak memiliki nukleus menjalani pembelahan yang disebut pembelahan biner. Karena sitokinesis umumnya terjadi setelah mitosis, istilah “mitosis” sering digunakan untuk menyatakan “fase mitosis”.

Perlu diketahui bahwa banyak sel yang melakukan mitosis dan sitokinesis secara terpisah, membentuk sel tunggal dengan beberapa inti. Hal ini dilakukan misalnya oleh fungi dan slime moulds.

Pada hewan, sitokinesis dan mitosis juga dapat terjadi terpisah, misalnya pada tahap tertentu pada perkembangan embrio lalat buah.

Read more :  Pembelahan Mitosis Kelompok 6 Kelas 9.7

Register Now! Font Banner - Free Fonts  

One Reply to “Sistem Pembelahan Mitosis Kelas 9.8”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *