Pembelahan Mitosis Kelas 9.8 Kelompok 3

1 min read

Register Now!

Pembelahan Mitosis – Kami dari kelas 98 kelompok 3 ingin menjelaskan tentang pembelahan mitosis.

Nama Kelompok

  • Fazia Maura
  • Evrilia Nanda
  • Gerry Hendriyana P
  • Herlina
  • Rizky Ananda
  • Ferdian Aji

Skema cara pembuatan alat dan bahan

  1. Cutter
  2. Gunting
  3. Cetakan
  4. Alat tulis
  5. Benang Wol
  6. Sterofoam
  7. Kertas Origami
  8. Kertas Karton
  9. Lem

Potongan bentuk

Potong sterofoam berbentuk Lingkaran dan bulatan Lonjong. Potong kertas origami menjadi bentuk seperti huruf “X”, Potong lagi origami menjadi bentuk “V” seperti pada gambar diatas.

Rangka dan penjelasan

Mitosis adalah proses pembagian genom yang telah digandakan oleh sel ke dua sel identik yang dihasilkan oleh pembelahan sel. Mitosis umumnya diikuti sitokinesis yang membagi sitoplasma dan membran sel.

Proses ini menghasilkan dua sel anak yang identik, yang memiliki distribusi organel dan komponen sel yang nyaris sama. Mitosis terjadi pada sel tubuh (sel somatik), bersifat diploid (2n), dan pembelahan berlangsung secara bertahap melalui beberapa fase, yaitu profase, metafase, anafase, dan telofase.

Profase

Pada fase ini, sel induk yang akan membelah memperlihatkan gejala terbentuknya dua sentriol dari sentrosom, yang satu tetap berada di tempatnya, sedangkan yang satu bergerak ke arah kutub yang berlawanan.

Masing-masing sentriol memancarkan serabut-serabut berupa filamen yang disebut benang gelendong pembelahan (benang spindle) yang menghubungkan sentriol satu dengan lain. Membran inti yang masih tampak pada profase awal kemudian segera terpecah-pecah.

Butiran kromatin memanjang menjadi benang kromatin. Benang kromatin kemudian memendek dan menebal menjadi kromosom dengan bagian yang menggenting disebut sentromer.

Metafase

Periode selama kromosom di ekuatorial disebut metafase. Membran inti sudah menghilang, kromosom berada di bidang ekuator, dengan sentromernya saeolah kromosom berpegang pada benang gelendong pembelahan. Pada fase ini kromosom tampak paling jelas

Anafase

Selama anafase kromatid bergerak menuju ke arah kutub-kutub yang berlawanan. Kinetokor yang masih melekat pada benang spindel yang berfungsi menunjukan jalan, sedangkan lengan kromosom mengikuti di belakang.

Telofase

Pada tahap telofase kromatid-kromatid mengumpul pada kutub-kutub yang berlawanan. Benang gelendong menghilang, kromatid memanjang kembali membentuk benang-benang kromatin.

Membran inti dan nukleolus terbentuk kembali. Pada sel tumbuhan, di bidang ekuator terjadi pembentukan lempengan sel dari bagian tengah menuju ke luar, sedangkan pada sel hewan terjadi lekukan dari sebelah luar yang makin lama makin kedalam hingga sel induk terbagi menjadi dua.

Kedua sel anak masing-masing mempunyai sifat dan jumlah kromosom yang sama dengan induknya. Makin kedalam hingga sel induk terbagi menjadi dua. Kedua sel anak masing-masing mempunyai sifat dan jumlah kromosom yang sama dengan induknya.

Read more :  Pembelahan Sel Mitosis Kelompok 2 Kelas 9.7

Register Now! Font Banner - Free Fonts  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *