Proses Pembelahan Sel Mitosis Kelompok 5 kelas 9.8

1 min read

Register Now!

Nama Kelompok

Assalamualaikum wr. wb.

Nama anggota kelompok 5, proses pembelahan sel mitosis

  • Luthfy Tri Nugroho
  • Karina Zulqa Dimiastri
  • Keisya Amanda
  • Ridho Fath Alfakih
  • Rivaldi Saputra
  • Okti Nur Cahyani

Alat dan Bahan

Siapkan Alat dan Bahan seperti Pensil, Penghapus, Lem, Gunting, Kertas Origami, Kardus Bekas dan Karton Putih

Proses Pembuatan

Buat lingkaran pada kertas karton dan kardus bekas, dan buat bentuk untuk sel Kromosom. Lalu potong sesuai bentuk yang sudah dibuat.

Potongan Karton

Jika sudah dipotong, tempelkan karton putih sebagai pelapis kardus bekas dan tempelkan semua origami yang sudah dibentuk.

Bentuk Jadi

Dan setelah semua ditempelkan, tempelkan lagi di karton lainya sebagai dasar gambar tersebut, dan diberi bagian serta penjelasan dari gambar tersebut.

Penjelasan

Mitosis adalah proses pembagian genom yang telah digandakan oleh sel ke dua sel identik yang dihasilkan oleh pembelahan sel. Umumnya diikuti sitokinesis yang membagi sitoplasma dan membran sel. Proses ini menghasilkan dua sel anak yang identik, yang memiliki distribusi organel dan komponen sel yang nyaris sama.

Mitosis dan sitokenesis merupakan fase mitosis (fase M) pada siklus sel, di mana sel awal terbagi menjadi dua sel anakan yang memiliki genetik yang sama dengan sel awal.

Proses ini terjadi hanya pada sel eukariot. Pada organisme multisel, sel somatik mengalami mitosis, sedangkan sel kelamin (yang akan menjadi sperma pada jantan atau sel telur pada betina) membelah diri melalui proses yang berbeda yang disebut meiosis.

Sel prokariot yang tidak memiliki nukleus menjalani pembelahan yang disebut pembelahan biner.

Karena sitokinesis umumnya terjadi setelah mitosis, istilah “mitosis” sering digunakan untuk menyatakan “fase mitosis”.

Perlu diketahui bahwa banyak sel yang melakukan mitosis dan sitokinesis secara terpisah, membentuk sel tunggal dengan beberapa inti. Hal ini dilakukan misalnya oleh fungi dan slime moulds.

Pada hewan, sitokinesis dan mitosis juga dapat terjadi terpisah, misalnya pada tahap tertentu pada perkembangan embrio lalat buah.

Read more :  Pembelahan Sel Mitosis Kelas 9.8 Kelompok 2

Register Now! Font Banner - Free Fonts  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *