aliefsyahru Pecinta fotografi & G Shock. Juga sebagai freelancer pemburu dolar.

Fotografer Pemula Wajib Tahu! Tips Fotografi menjadi Fotografer Pro

3 min read

Register Now!

Tips Fotografi untuk Fotografer Pemula – Dunia fotografi adalah dunia yang memungkinkan setiap orang untuk dapat mengekspresikan karyanya dalam bentuk foto. Fotografi juga memiliki berbagai macam teknik dan tips untuk menghasilkan foto yang bagus.

Untuk Anda yang baru saja menekuni atau bisa dibilang tahap pemula tentang dunia fotografi, pastinya banyak pertimbangan untuk mempunyai alat fotografi apa saja yang dapat membantu kebutuhan di bidang ini.

Seperti yang kita ketahui, alat fotografi kebanyakan harganya mahal. Walaupun memang sepadan dengan kegunaan dan kualitasnya. Pada post kali ini saya akan mengulas tentang tips fotografi untuk fotografer pemula yang dapat membantu Anda dalam proses menjadi seorang fotografer Pro.
 

Jangan terburu-buru membeli alat fotografi yang mahal

https://tempatbagi.com/2019/07/31/tips-fotografer-pemula/
Seperangkat alat fotografi profesional. (foto: unsplash.com)

Kemungkinan untuk menghasilkan foto yang baik dengan menggunakan kamera yang murah seperti kamera saku sangat mungkin terjadi. Semakin banyak Anda mengambil foto, maka Anda akan semakin mengerti tentang kebutuhan kamera ketika akan melakukan upgrade perangkat fotografi.

Jangan terburu-buru menggunakan SLR/DSLR jika untuk kamera poket sederhana pun belum maksimal penggunaannya.
 

Pertimbangkan untuk membeli Tripod

Tripod juga dapat membantu untuk menghindari miss focus. (foto: unsplash.com)

Tripod yang tidak terlalu mahal namun kokoh sekiranya layak untuk dipertimbangkan, terutama jika Anda memiliki kecenderungan tangan yang bergetar.

Kalian akan terkejut dan puas ketika melihat hasil jepretan dengan menggunakan tripod. Kalau ingin foto lebih stabil lagi, Anda dapat menggunakan fitur timer atau shutter release ketika menggunakan tripod.
 

Bawa kamera Anda kemana pun pergi

Jangan ragu untuk mengambil banyak gambar, siapa tahu dapat momen yang langka. (foto: unsplash.com)

Peluang foto yang bagus sering kali datang ketika Anda tidak menyadari atau mengharapkannya. Jika Anda dapat menyederhanakan kamera Anda, seperti halnya membawa hanya tas kamera dan tripod, maka bawalah perangkat tersebut kemana pun Anda pergi. Dan tentunya Anda tidak akan menyesal ketika tiba-tiba mendapatkan peluang foto yang sangat jarang sekali terjadi.

Jika Anda memiliki smartphone yang memiliki fitur kamera, maka gunakanlah untuk mengambil gambar sebagai ‘note‘ untuk pemandangan itu. Lalu Anda dapat kembali dengan membawa kamera yang sebenarnya.
 

Buatlah daftar foto yang ingin Anda ambil

Catat foto yang ingin Anda ambil. Jadikan target untuk next journey atau vacation. (foto: unsplash.com)

Jika Anda tidak dapat membawa serta kamera Anda, maka setidaknya tetaplah membawa buku saku dan selalu mencatat tempat-tempat yang Anda ingin kembali untuk memotret tempat tersebut.

Pastikan Anda mencatat setiap detail yang penting, seperti pencahayaan, sehingga Anda bisa kembali ketempat tersebut di waktu yang sama atau pada saat cuaca yang tepat. Jika Anda tidak ingin membawa buku saku, maka Anda dapat mengirimkan catatan via email di smartphone.
 

Jangan mengabaikan subyek/obyek yang ‘biasa’ dalam fotografi

Sedikit sentuhan dari photoshop dapat menjadikan foto biasa menjadi lebih impresif. (foto: unsplash.com)

Anda mungkin tidak melihat sesuatu yang menarik dan layak dipotret di kamar tamu atau halaman belakang, tetapi setidaknya cobalah melihat sekeliling dengan sudut pandang yang baru.

Anda mungkin dapat menemukan spektrum cahaya atau beberapa bunga liar di halaman belakang rumah Anda, seringkali sebuah obyek sederhana bisa menciptakan foto yang bagus.
 

Nikmatilah proses belajar fotografi

Banyak aturan-aturan dasar fotografi yang layak untuk dicoba. Begitu pula dengan pengaturan manual kamera. (foto: unsplash.com)

Hal yang paling menarik mempelajari sebuah hobi seperti fotografi, adalah tidak ada kata cukup dalam mempelajarinya. Sumber inspirasi banyak sekali bisa ditemukan disekeliling Anda.

Read more :  Teknik Fotografi Dasar yang Wajib Diketahui Fotografer (part 3 to 3)

Lihatlah semua hal tersebut menggunakan mata seorang fotografer dan Anda akan menemukan peluang foto yang tidak Anda sadari sebelumnya.
 

Manfaatkan sumber online belajar fotografi gratis

Banyak situs website yang berisi tentang tutorial, teknik dan tips fotografi pemula secara gratis. (foto: unsplash.com)

Pelajari foto-foto yang dihasilkan oleh fotografer profesional melalui situs seperti flickr, atau website yang berbagi informasi tentang teknik fotografi seperti InFotografi, atau di tempatbagi.com. Disana dapat Anda temukan inspirasi dan tips tentang dunia fotografi.

Jika Anda tertarik untuk belajar mengenai post-processing dan masih belum ada anggaran biaya untuk membeli software seperti Adobe Photoshop, cobalah gunakan software yang gratis seperti GIMP.
 

Terus melakukan uji coba pada setting kamera

Cobalah menyetting manual kamera sesuai dengan kondisi Anda saat memotret. (foto: unsplash.com)

Kamera saku yang Anda miliki bisa jadi memiliki fitur yang jauh lebih fleksibel dari yang Anda ketahui sekarang. Bacalah buku petunjuk atau manual untuk bantuan mengartikan simbol-simbol yang ada dalam pengaturan kamera.

Cobalah memotret satu subyek dengan menggunakan pengaturan yang berbeda, lihat dan pelajari serta pilihlah hasil mana yang paling Anda sukai. Ketika me-review ulang foto-foto tersebut pada komputer, coba lihat EXIF data setiap foto untuk melihat kembali pengaturan kamera yang Anda gunakan saat memotret.
 

Pelajari aturan-aturan dasar fotografi

Pentingnya aturan-aturan dasar fotografi untuk mendapatkan foto yang maksimal. (foto: unsplash.com)

Seperti yang kita ketahui, banyak sekali informasi tentang dunia fotografi tersebar secara online di internet. Mulailah dengan beberapa artikel tentang komposisi. Terbukalah pada pendapat-pendapat dari fotografer yang lebih berpengalaman mengenai teknik fotografi yang mereka gunakan.

Anda tentunya harus mengetahui dan memahami aturan dasar sebelum melanggarnya bukan?
 

Memotretlah secara rutin

Memotretlah secara rutin untuk melatih skill Anda, lalu pilihlah foto Anda yang terbaik. (foto: unsplash.com)

Cobalah memotret sesuatu setiap hari, jika Anda tidak bisa melakukannya, maka pastikan kalian berlatih secara rutin sehingga Anda tidak lupa apa yang telah kalian pelajari sebelumnya.

Cara yang paling baik melakukan ini adalah memberikan pada diri sendiri sebuah tantangan fotografi setiap minggunya.
 

Jangan takut untuk bereksperimen

Bereksperimenlah dengan kamera yang Anda miliki, maka skill Anda akan terbentuk. (foto: unsplash.com)

Jika Anda menggunakan kamera digital, lakukan uji coba secara terus menerus dan kemungkinan besar Anda akan menemukan sesuatu yang sangat kalian sukai, dan tentunya Anda akan belajar banyak melalui proses belajar ini.

Demikian beberapa tips fotografi untuk fotografer pemula ini, semoga bermanfaat.

Sumber

Register Now! Font Banner - Free Fonts  

aliefsyahru Pecinta fotografi & G Shock. Juga sebagai freelancer pemburu dolar.

One Reply to “Fotografer Pemula Wajib Tahu! Tips Fotografi menjadi…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *