aliefsyahru Pecinta fotografi & G Shock. Juga sebagai freelancer pemburu dolar.

Merawat Jam Tangan agar Tetap Awet Bertahun-tahun

3 min read

Register Now!

Merawat Jam Tangan – Jam tangan sudah menjadi suatu benda wajib dalam menemani keseharian kita dalam beraktifitas. Jam tangan juga selain sebagai penunjuk waktu, juga dapat menjadi suatu barang koleksi karena kualitas, tingkat kesulitan dalam hal merawatnya dan kelangkaannya.

Bisa juga sebagai simbol dari “orang kaya”, karena ada yang berharga sangat mahal, mungkin senilai dengan mobil mewah, yang hanya dimiliki oleh sebagian kalangan orang kaya saja.

Namun, apabila dipakai sehari-hari tentunya meningkatkan resiko kotor, berdebu, terjatuh dari ketinggian atau basah karena kehujanan. Bagaimana cara merawat jam tangan Anda supaya tahan lama bertahun-tahun, awet, tidak berkarat, tidak bau, dan lain sebagainya. Mari kita simak beberapa tips berikut ini.
 

Membersihkan atau mengusap setelah pemakaian

Jangan lupa membersihkan jam tangan Anda agar tidak timbul noda atau bercak. (foto: unsplash.com)

Bila ada kotak tempat menyimpan jam, sebaiknya diletakkan di dalamnya dan diberi silica gel agar tidak lembab dan tidak merusak jam tangan Anda. Pada kaca jam tangan, bersihkanlah dengan kain yang halus, sehingga tidak menggores kaca jam yang memang sangat sensitif terhadap goresan.

Meskipun jamnya tahan goresan, pada beberapa jam memiliki lapisan pelindung kaca yang apabila digores secara terus menerus dengan bahan yang kasar, maka lapisan tersebut akan semakin tipis, mudah rusak, hilang, dan berkurang ketahanannya terhadap goresan.
 

Merawat kebersihan pada gelang jam, seperti halnya karet

Noda atau bercak seringkali menempel tali jam berbahan karet, maka rajinlah membersihkannya. (foto: unsplash.com)

Bersihkanlah dengan sabun cair atau odol kemudian sikatlah dengan sikat kecil agar sisa-sia keringat yang menempel pada jam menjadi hilang, bersih, dan tidak menimbulkan bau dan jamur.
 

Merawat kebersihan pada gelang jam yang terbuat dari stainless steel murni

Cuci tali jam berbahan stainless steel agar bebas dari sisa-sisa keringat. (foto: unsplash.com)

Dengan cara mencuci gelang stainless steel murni dengan alkohol dan menyikatnya, hal ini akan menghilangkan sisa-sisa keringat pada pergelangan tangan yang menempel pada bagian jam tangan.

Untuk stainless steel murni, tidak akan meninggalkan karat, tapi pada jam-jam KW, yang merupakan campuran, biasanya catnya akan rusak, dan kadang menimbulkan karat jika terkena air.
 

Merawat kebersihan pada gelang jam tangan yang terbuat dari kanvas

Tali jam berbahan kanvas rawan akan bau akibat sisa-sisa keringat dan noda. (foto: unsplash.com)

Caranya mudah, cuci kanvas, sikat dengan tambahan sabun, dan keringkan dengan menggunakan kertas koran, hal ini akan cepat mengering, karena akan diserap oleh kertas koran dan tidak menimbulkan bau.

Jika gelang jam tangan terbuat dari kulit, bisa juga dikeringkan dengan cara diangin-anginkan, jangan dibawah sinar matahari langsung karena akan membuat gelang kulit jam tangan rusak, pecah-pecah.

Water Resist/Water Proof/Tahan Air bukan berarti tidak rusak kalau terkena air. Pada Jam CASIO G-SHOCK misalnya, ketahanan jam teruji ketika berenang pada kedalaman tertentu.

Namun, jika saat berenang atau jam tangan itu ditenggelamkan dan tombolnya ditekan saat berada di dalam air, maka kemungkinan besar air akan masuk perlahan sedikit demi sedikit. Hal ini akan menyebabkan rusaknya jam Anda, berembun, atau kalau pada jam digital akan mengalami kerusakan.

Bila jam yang Anda pakai terkena air ataupun lembab, segera keringkan atau di lap menggunakan kain kering. Dalam beberapa kasus, saya membaca ada pemakai yang bilang jam tangannya cepat putus, padahal jamnya bagus, tahan air, baru beli dan lain-lain. Setelah ditanya, ternyata sering kena air. Jamnya memang tahan air tapi talinya cepat putus.

Usahakan jangan sampai jatuh, karena setahan/resist apapun jam, jika sudah jatuh maka lambat laun akan merusak komponen di dalamnya atau setidaknya akan mengendurkan komponen yang ada di dalam jam tangan, ketika kendur maka kemungkinan besar air akan masuk dan bisa menyebabkan karat pada jam tangan.

Usahakan jam tangan Anda selalu kering, segera bersihkan jika terkena air, minyak, keringat, atau zat-zat yang bisa merusak lainnya.

Zat-zat yang bisa menyebabkan korosi pada jam antara lain air, minyak, keringat, air hujan, lumpur, air laut, dan lain-lain. Kecuali pada jam tangan original yang memang teruji ketahanannya terhadap zat-zat yang telah disebut sebelumnya.
 

Jangan terlalu kencang saat memakai jam tangan

Memakai jam terlalu kencang juga tidak baik untuk laju peredaran darah Anda. (foto: unsplash.com)

Karena kondisi yang terlalu kencang dalam mengikatkan jam tangan pada tangan kita akan menimbulkan kondisi lembab, mudah iritasi pada jenis jam tangan yang mempunyai gelang kulit (karena berasal dari kulit hewan), juga pada gelang jam yang terbuat dari bahan karet.
 

Jauhkan dari medan magnet

Sifat magnet dapat merubah keakuratan jam tangan Anda. (foto: unsplash.com)

Jauhkan dari medan magnet yang kuat jika ingin perawatan jam tangan anda berjalan secara optimal, seperti magnet, tv, pengeras suara, mesin pendingin dan lain-lain.
 

Untuk beberapa tipe jam tangan, jangan dipakai saat aktivitas berat

Selain dapat meningkatkan resiko rusaknya jam tangan, juga beresiko terhadap kenyamanan Anda dalam bekerja. (foto: unsplash.com)

Karena pergerakan ekstrim menyebabkan komponen bergeser dan tidak berjalan secara optimal. Bayangkan, Anda kerja memindahkan barang rumah, mengaduk semen, membersihkan selokan ataupun pekerjaan lainnya yang beresiko terhadap jam anda.

Berusahalah menghindari resiko terpapar oleh panas, goncangan, cairan kimia maupun kerusakan mekanis yang dapat merusak warna dan kinerja mesin jam itu.
 

Segera mengganti baterai bila baterai sudah habis

Membiarkan baterai jam yang expired juga meningkatkan resiko timbulnya jamur pada konektor baterai di jam tangan Anda. (foto: unsplash.com)

Atau segera membuangnya bila tidak sempat membeli baterai. Kenapa? karena jika baterai sudah expired/kadaluarsa/mati/rusak, maka biasanya akan menimbulkan minyak yang bersifat korosif (merusak) pada mesin jam tangan.

Lakukanlah pergantian baterai jam jika jam mengalami indikasi berjalan lambat atau terlambat. Ini dilakukan untuk menghindari keluarnya carian dari baterai yang bisa merusak mesin jam tangan Anda.
 

Membawa jam tangan Anda pada tempat servis resmi masing-masing merk atau brand

Seperti kata pepatah “Serahkan pada Ahlinya”. (foto: unsplash.com)

Misal pada SEIKO counter, CASIO service center, atau tempat lain yang memang memiliki keahlian dalam bidangnya. Bila memiliki jam tangan otomatis (misal SEIKO automatic, ALEXANDRE CHRISTIE automatic, dan jam-jam otomatis lainnya), maka servis berkala sangat dianjurkan.

Kira-kira 1 tahun sekali itu sudah cukup untuk menjaga dan merawat jam tangan otomatis agar tahan lama dan awet dipakai.

Apalagi kalau jam tangan itu adalah kado dari orang yang kita sayangi (misalnya istri, anak, keluarga) tentu memiliki kesan yang mendalam bukan?

Sumber

Register Now! Font Banner - Free Fonts  

aliefsyahru Pecinta fotografi & G Shock. Juga sebagai freelancer pemburu dolar.

3 Replies to “Merawat Jam Tangan agar Tetap Awet Bertahun-tahun”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *